Berita Seniman di Dunia Saat Ini – Naveenandrews

Naveenandrews.org Situs Kumpulan Berita Seniman di Dunia Saat Ini

Seniman Kontemporer Terbaik Taiwan

Seniman Kontemporer Terbaik Taiwan – Ada kancah seni kontemporer yang berkembang di Taiwan saat ini, dengan sejumlah instalasi dan pameran yang dipamerkan di banyak institusi seni modern dan kontemporer di seluruh wilayah. Para seniman ini berada di pusat kebangkitan seni kontemporer yang mengambil inspirasi dari dunia sekitar kita dan menggunakan metode ekspresi artistik modern dan tradisional.

Ada banyak aspek budaya dan masyarakat Taiwan yang ingin disoroti atau ditangani oleh seniman kontemporer melalui karya mereka. Tema-tema seperti multikulturalisme, etnis minoritas, hak asasi manusia, kebebasan berbicara dan berekspresi, kesadaran lingkungan, dan, tentu saja, isu-isu politik saat ini dapat dilihat di banyak karya mereka. Status profil tinggi mereka sebagai seniman yang diakui secara nasional dan internasional membawa perhatian kritikus seni luar negeri ke pulau kecil ini, yang hanya dapat dilihat sebagai hal positif untuk kancah seni kontemporer yang sedang berkembang.

Wu Tien-Chang

Pertama kali terkenal sebagai pelukis minyak, upaya artistik Wu Tien-Chang telah membawanya ke dunia fotografi dan media campuran. Namanya terkenal di seluruh dunia seni kontemporer, dan memang seharusnya begitu. Karya seninya telah membuatnya mewakili Taiwan di berbagai pameran internasional, dan dengan tujuannya untuk “mendobrak batasan antara etnis dan negara”, tidak heran jika karyanya harus menarik bagi pecinta seni internasional dan lokal. Bukan orang yang menghindar dari topik hangat, ia dikenal karena kritik sosial-politiknya yang terlihat di seluruh karyanya.

Chin Chih Yang

Saat ini tinggal dan bekerja di New York, Chin Chih Yang adalah seorang seniman yang menyukai hal-hal yang tidak biasa, selalu berusaha untuk menarik perhatian masyarakat umum pada apa yang dia anggap sebagai isu hangat saat itu. Karyanya telah dipamerkan di berbagai museum dan institusi di seluruh dunia termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Union Square Park, dan Museum Chelsea. Tapi mungkin proyeknya yang paling terkenal adalah Kill Me or Change di mana dia mengubur dirinya dalam 30.000 kaleng aluminium, yang digantung di jaring di atas kepalanya. Harapannya dengan proyek khusus ini adalah untuk menyoroti kebangkitan konsumsi berlebih global.

Kuo-Chun Chiu

Dianggap sebagai salah satu seniman Taiwan kontemporer terkemuka yang menggunakan fotografi sebagai media, Kuo-Chin Chiu mengambil inspirasi dari banyak festival keagamaan di seluruh pulau. Sebagai mahasiswa SUNY New Platz, tempat ia menerima MFA-nya, Chiu sekarang menjadi profesor di College of Creative Media di Universitas Kun Shan di Taiwan. Seorang seniman lokal yang populer, salah satu metodenya yang paling terkenal adalah penggunaan sulaman dan penambahan objek fisik pada karya fotografinya.

Lee Kuei-Chih

Terkenal karena instalasi luar ruangannya, Lee Kuei-Chih adalah satu-satunya seniman dalam daftar ini yang karyanya sering kali sesuai dengan lanskap tempatnya ditempatkan. Karya-karyanya mengambil keberadaan yang hampir halus dan dalam beberapa kasus membuat publik menebak-nebak apakah itu alami atau memang buatan manusia. Dari sekian banyak karyanya yang ditemukan di Taiwan, mungkin yang paling terkenal adalah Songshan Bamboo Meander, yang merupakan struktur seperti pagar sepanjang 42 meter yang berkelok-kelok melintasi pedesaan di Distrik Shimen Kota New Taipei.

Lien Chien Hsing

Sebagai penduduk asli kota pelabuhan perikanan Keelung, Hsing menyaksikan runtuhnya perdagangan perikanan lokal dan industri pertambangan. Melihat tambang dan bangunan yang ditinggalkan dari industri tersebut menginspirasi Hsing untuk melukis dan menggambar pemandangan ini, tetapi dengan sentuhan imajinatifnya sendiri. Ia berharap karya-karyanya dapat membangkitkan minat masyarakat sekitar, menstimulasi rasa memiliki dan semoga mendorong mereka untuk memulihkan situs-situs ini, mungkin bukan ke kejayaan aslinya, tetapi menjadi sesuatu yang jauh lebih menarik dari kondisi mereka saat ini.

Ya-chu Kang

Ya-chu Kang adalah seniman multi-media dengan keterampilan interdisipliner yang telah melihat pamerannya di banyak lokasi di seluruh dunia. Menggunakan semua yang dia bisa, Kang mulai meningkatkan kesadaran tentang pengaruh globalisme terhadap lingkungan, ekonomi, dan emosi orang-orang. Karyanya meliputi fotografi, patung, pertunjukan, video, dan tenun atau keranjang dan dia saat ini menjadi dosen tamu di Universitas Thammasat di Thailand.

Liping Ting

Seniman Kontemporer Terbaik Taiwan

Liping Ting menghabiskan bertahun-tahun tinggal dan bekerja di Prancis setelah menyelesaikan studinya di Paris. Dipengaruhi oleh karya-karya hebat seperti John Cage dan Samuel Beckett, Ting adalah seniman multi-talenta yang membawa kecintaannya pada puisi dan filosofi ke dalam karyanya. Dia kembali ke Taiwan pada tahun 2012, dan di sinilah dia menghasilkan berbagai karya baru yang mencakup seni instalasi dan pertunjukan. Karya seni pertunjukan Aksi-Puisi 7 x 7 membuatnya diakui sebagai salah satu seniman pertunjukan terbaik Taiwan. Sejak itu dia telah berpartisipasi dalam berbagai acara di Cina daratan, Prancis, dan New York.

Tehching Hsieh

Seniman yang berbasis di New York Tehching Hsieh telah digambarkan sebagai master seni pertunjukan, moniker yang cukup bisa dimengerti mengingat bahwa ia telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk kerajinannya. Lahir di Taiwan, media pilihan aslinya adalah melukis, tetapi pada tahun 1973 ia beralih ke seni pertunjukan. Karya seni pertunjukan pertamanya membuatnya melompat dari lantai dua sebuah gedung mematahkan kedua pergelangan kakinya dalam prosesnya. Sebagai seorang pria yang memberikan segalanya untuk pekerjaannya, dia juga menghabiskan satu tahun di kandang kayu yang kehilangan segalanya kecuali kebutuhan yang paling dasar. Karya-karyanya akan ditampilkan dalam pameran Taiwan untuk Venice Biennale 2017 dalam sebuah karya berjudul Doing Time yang akan dikurasi oleh Adrian Heathfield.

Dengan seniman luar biasa yang menyoroti pulau yang sering terabaikan, tidak heran jika seniman muda dan seniman kontemporer Taiwan sedang menunggang ombak yang semoga akan melihat kancah seni Taiwan menikmati lebih banyak pengakuan internasional.

Tyler Young

Back to top