Berita Seniman di Dunia Saat Ini – Naveenandrews

Naveenandrews.org Situs Kumpulan Berita Seniman di Dunia Saat Ini

Artis Kontemporer Teratas Uganda

Artis Kontemporer Teratas Uganda – Dengan Kampala Biennale-nya sendiri yang berfokus pada seni kontemporer Afrika terbaik, Uganda menjadi pusat budaya yang berkembang pesat di Afrika Timur. Seniman mendapatkan pengaruh dari budaya mereka yang khas dan berkembang pesat sambil mengacu pada tradisi dan adat istiadat. Beberapa seniman kontemporer ini adalah beberapa pemikir berpengaruh yang mengukir ruang bagi Uganda di dunia seni internasional.

Daudi Karungi

Daudi Karungi adalah gabungan kreatif: pelukis, kurator, galeri, pembuat grafis, dan perancang busana semuanya digabung menjadi satu. Wajah yang akrab di Uganda Artscape yang berkembang pesat, ia telah menciptakan berbagai platform yang berusaha untuk mempromosikan dan mewakili seniman Uganda dalam skala internasional. Galeri Seni AfriArt, di mana Karungi menjadi direkturnya, dan START, jurnal seni yang dia dirikan bersama, adalah beberapa upaya yang telah dia lakukan untuk memamerkan karya seniman Uganda yang akan datang dan menempatkan Uganda di peta seni internasional. Dia mengambil inspirasi dari iklim sosial dan politik sehari-hari negara dan merefleksikan dikotomi tradisi dan modernitas, keberadaan dan kehilangan. idn slot

Wasswa Donald

Wasswa Donald menggunakan sapuan kuas yang tajam; menciptakan lanskap semi-abstrak yang menggugah yang menampilkan satwa liar Afrika Timur, dengan gajah yang paling berbeda. Donald belajar di Universitas Kyambogo, dengan spesialisasi Seni dan Desain. Praktik artistiknya berfokus pada gagasan harmoni dengan alam, dan dia menciptakan karya seni yang sangat indah menggunakan cat, pena dan tinta, media campuran, juga berkecimpung dalam seni pahat, pakaian, dan desain aksesori. Karya-karyanya dapat digambarkan dengan sangat baik sebagai sesuatu yang aneh dan seperti mimpi, dan dia menggunakan warna untuk menunjukkan semangat Afrika dalam semua kemuliaannya yang semarak. Selain menjadi seniman praktik penuh waktu, Donald juga mendirikan Artpunch Studio, yang menyediakan platform baginya untuk bekerja dengan banyak profesional kreatif dari berbagai bidang seni.

Ronex Ahimbisibwe

Ahimbisibwe dengan cepat menjadi salah satu pemikir kreatif paling terkenal di Uganda. Dia tidak percaya dibatasi oleh satu media tertentu, dan sebaliknya merangkul semua bentuk ekspresi, seperti lukisan, patung, cetakan kayu, fotografi dan seni digital, dengan antusiasme dan semangat yang sama. Ia menggunakan karya seninya untuk membahas tema-tema yang dianggap tabu dalam budaya konservatif Uganda, seperti homoseksualitas, ketelanjangan, dan korupsi. Inti dari ideologi artistiknya adalah tindakan penyelidikan. Dia berkata, ‘itu adalah kegembiraan tersendiri karena orang akan terkejut dengan proses dan pembalikan kebenaran yang diketahui’. Karya Ahimbisibwe dan pemikirannya telah mendapatkan pengakuan internasional, dan dia telah mengadakan pameran di beberapa negara di seluruh dunia.

Paul Ndema

Artis Kontemporer Teratas Uganda

Paul Ndema memperoleh gelar seni dari Margaret Trowell School of Industrial and Fine Arts. Sejak itu, dia telah berpameran secara ekstensif dan telah menjadi tokoh kunci dalam kancah seni yang berkembang di Uganda. Walaupun nuansa Klimt-esque menonjolkan karya Ndema, orang tidak bisa tidak memperhatikan pelukannya pada motif tradisional Uganda, seperti pot dan topeng ekyanzi mike. Gaya visualnya, yang diwujudkan dengan menggunakan berbagai media yang beragam, sangat berornamen sambil menghindari dekorasi yang dangkal. Beberapa bahan yang digunakan Ndema dalam karyanya antara lain minyak, akrilik, tinta, kaos kitenge, kain kulit kayu dan cangkang nsimbi. Karya Ndema disibukkan dengan garis sempit antara adat istiadat dan modernitas.

Kalungi Kabuye

Dianggap sebagai salah satu fotografer fesyen paling terkenal di Uganda, Kalungi Kabuye telah bekerja di industri fesyen Uganda yang akan datang selama 22 tahun terakhir. Meski pernah bekerja di New York, ia kini berupaya menyalurkan bakatnya untuk menemukan estetika Afrika yang unik yang menonjolkan karakter mata pelajarannya. Ia sangat menyadari potensi besar dalam industri fesyen Uganda yang memiliki gaya yang tak ada bandingannya. Selain fotografi mode, Kabuye juga telah mengembangkan keahliannya untuk memasukkan foto jurnalistik, membuat arsip foto, yang telah dihasilkan selama periode yang signifikan. Sejak 1992, Kabuye juga menulis untuk surat kabar nasional New Vision, dan saat ini menjadi editor gaya hidup.

Tyler Young

Back to top